ketidaksempurnaan rasa dalam cakrawala aksara .

Minggu, 03 Juni 2012

cita-cita ku

pagi ini aku duduk di warung, ngga tau bayangin apaan tiba-tiba mikir tentang tujuan hidup. tentang cita-cita.
flashback ke beberapa tahun lalu. waktu itu aku kelas 6. guru IPA ku (Pak.Sugeng) tanya tentang cita-cita masing-masing muridnya. satu persatu anak menjawab. sebagian besar temen-temen pada kepengen jadi dokter sama guru. wajar

pas giliranku ditanya, "catrine cita-citanya apa?" "bajak laut Pak." ------

ada hening yang lumayan panjang dikelas. jawabanku disambut ketawa anak-anak. ada yang ngejek, ada yang geleng-geleng heran. aku juga ngga tau mikir apa sampai nyeletuk kayak gitu. hehe

trus Pak.Sugeng tanya kenapa aku pengen jadi bajak laut. aku menjawab, "soalnya saya kepengen ke Greenland pak, saya juga suka air." 

makin panjang lah hening yang sebelunya sudah memalukan. jawaban yang polos bukan? hehe
seiring berjalannya waktu aku pun masuk SMP. dan aku mulai berpikir kalau cita-cita ku kurang rasional dan kurang dukungan dari lingkungan. pas SMP pertanyaan serupa dilontarkan. aku waktu itu mejawab aku pengen jadi detective. keren tauk. soalnya waktu itu aku ngoleksi serial komik nya conan lengkap, dan aku addicted banget sama conan. yang sekarang addicted ku uda ganti ke Kaito Kit. sori nan...
aku pun cerita sama ayah tentang cita-cita ku, ayah bilang.. itu pekerjaan kurang proporsional, di Indonesia jarang banget manfaatin jasa detective. akhirnya aku banting setir ke pengacara. aku suka pelajaran KWN. seumur hidup yang aku inget aku sekali remidi KWN, waktu kelas 2 SMA semester 1, ulangan harian pertamaku. trus aku cerita lagi ke ayah tentang pengacara, ayah ngasih aku gambaran ke Om Rio. Om Rio itu lulusan sarjana hukum, yang kerjanya jadi pengacara. pada praktiknya Om Rio banyak nganggur, cuman dia ngerangkap jadi arsitektur, makanya tajir. pengacara kalo ngga total ya cari duitnya susah.
tiga tahun berlalu, waktu SMA kelas 1 aku mulai nemuin jatidiriku. dari kecil aku suka nulis. mulai SMP aku nulis puisi, ngga tau deh ada berapa buku puisi ku, tapi cuman aku sendiri sih pembacanya. sama beberapa temen deketku dan ketua osisku SMP, dia kaka kelasku. namanya Mas Erwin. dia suka nulis dan suka sama tulisanku. karena itu dari SD aku selalu deket sama guru Bahasa Indonesia #abaikan
SMA aku mulai melebarkan sayap, aku mulai nulis cerpen dan prosa. aku mulai tau apa itu sastra dan kaidahnya. tulisan-tulisan ku sering dimuat di majalah sekolah. tapi aku ngga masuk organisasi majalah sekolah. karena apa? bukan karena aku ngga ketrima, aku ditawari cuma-cuma, sayangnya aku ngga suka berorganisasi. aku ngga suka terikat. hehe #berdalih aku ngga pernah punya cita-cita jadi penulis, karna penulis itu bukan profesi buat cari duit. penulis itu pekerjaan hati :)

SMA cita-citaku jadi diploma, dan bertahan sampai kuliah. sampai saat ini lebih tepatnya. tapi pendidikanku kurang mendukung buat kesana. diploma pupus seiring keseharianku waktu kuliah. aku udah ngga pernah les Bahasa Inggris, KWN, dan bacaan ku tentang politik juga nurun. trus tadi pagi ngga taukenapa aku beberapa jam ngabisin waktu buat googling tentang solar system. NASA (National Aeronautics and Space Administration) bukan NASA hotel terkenal di Banjarmasin loh. aku pengen banget kerja di sana.hahaha in lebih aneh lagi kan ya

waktu aku ngga bisa masuk sastra karena tentangan orang tua, ngga bisa masuk Ilmu Politik, Hubungan Internasional, ataupun Ilmu komunikasi, aku ngga maksa. aku ngga ikut SPMK atau nunggu tahun berikutnya. karna kata ayah ini jalan hidup, dan yang terbaik menurut kita belum tentu terbaik bagi Allah. dan skarang cita-cita ku macet di NASA. ngga ada hubungannya sih sama ilmu pangan. paling engga aku bisa jadi penyuplay makanan astronot lah wkwkwk. walaupun aku tau itu kayal, kuayal banget malah, tapi kata-kata ayah waktu aku SD masih keinget bener, "kakak kalau punya cita-cita yang tinggi sekalian, biar jatuhnya ngga jauh-jauh. kalau cita-cita nya pendek, jatuhnya tambah cetek."

apapun cita-cita ku, cita-cita semua anak, aku tau itu sebagian dari mimpi. mimpi yang menuntun tiap pribadi untuk berusaha. berusaha mewujudkan yang mereka targetkan, dan kemudian Allah takdirkan :)

apa cita-cita kalian ?

1 komentar:

  1. yauda kamu jadi astronot aja yang bawa pangan fungsional, aku yg kontrol di bumi :)
    sebenernya cita-citaku yang paling penting dan ga aku tuliskan itu jadi... IBU NEGARA
    hehehe

    BalasHapus

Blog List

Pages

© My Whole Trash, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena